Laman

Senin, 23 April 2012

Individu, Keluarga dan Masyarakat


Individu, Keluarga dan Masyarakat
1.      Pertumbuhan Individu

Individu adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai hasil yang diinginkannya.

Pertumbuhan adalah suatu perubahan yang menuju kearah yang lebih maju, lebih dewasa.

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan :
·    Pendirian Nativistik, menurut para ahli dari golongan ini berpendapat bahwa pertumbuhan itu semata-mata ditentukan oleh factor-faktor yang dibawa sejak lahir
·        Pendirian Empiristik dan environmentalistik, pendirian ini berlawanan dengan pendapat nativistik, mereka menganggap bahwa pertumbuhan individu semata-nmata tergantung pada lingkungan sedang dasar tidak berperan sama sekali.
·       Pendirian konvergensi dan interaksionisme. Aliran ini berpendapat bahwa interaksi antara dasar dan lingkungan dapat menentukan pertumbuhan individu.

2.      Fungsi Keluarga

Fungsi keluarga adalah suatu pekerjaan- pekerjaan atau tugas-tugas yang harus dilaksanakan di dalam atau oleh keluarga itu.

Macam-macam fungsi Keluarga :
·         Fungsi Pendidikan
·         Fungsi Sosialisasi anak
·         Fungsi Perlindungan
·         Fungsi Perasaan
·         Fungsi Agama
·         Fungsi Ekonomi
·         Fungsi Biologis
·         Fungsi Rekreatif
·         Memberikan kasih sayang, perhatian,dan rasa aman diaantara keluarga, serta membina pendewasaan kepribadian anggota keluarga.

3.      Individu, Keluarga, Masyarakat

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Masyarakat adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama, dan memiliki budaya.

2 Golongan Masyarakat
·         Masyarakat sederhana
·         Masyarakat Maju. Dalam lingkungan masyarakat maju, dapat dibedakan :
a.       Masyarakat Non Industri
b.      Masyarakat Industri

Perbedaan antara kelompok Masyarakat NonIndustri dengan Masyrakat Industri :
·         Masyarakat Non Industri
Kita telah tahu secara garis besar bahwa, kelompok nasional atau organisasi kemasyarakatan non industri dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu kelompok primer (primary group) dan kelompok sekunder (secondary group).
·         Masyarakat Industri
Kelompok ini mempergunakan dua taraf klasifikasi, yaitu yang sederhana dan yang kompleks. Jika pembagian kerja bertambah kompleks, suatu tanda bahwa kapasitas masyarakat semakintinggi.

4.      Makna Individu, Keluarga, dan Masyarakat
Makna Individu, adalah seorang manusia yang tidak hanya memiliki peranan khas di dalam lingkungan sosialnya,malainkan juga mempunyai kepribadian serta pola tingkah laku spesifik dirinya.

Makna Keluarga,  adalah sekelompok orang yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan yang tinggal bersama dan makan dari satu dapur yang tidak terbatas pada orang-orang yang mempunyai hubungan darah saja, atau seseorang yang mendiami sebagian atau seluruh bangunan yang mengurus keperluan hidupnya sendiri.

Makna Masyarakat, Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama. Seperti : sekolah, keluarga, perkumpulan, Negara semua adalah masyarakat.

5.      Hubungan Antara Individu, Keluarga dan Masyarakat
·        Hubungan individu dengan dirinya sendiri
Hubungan individu dengan diri sendiri terdapat 3 sistem kepribadian, yaitu ID ( ES ), EGO dan SUPER EGO. Jika EGO gagal menjaga keseimbangan antara dorongan dari ID dan larangan dari SUPER EGO maka individu akan mengalami konflik batin terus – menerus.
·        Hubungan individu dengan keluarga
Hubungan individu dengan keluarga terdiri dari hubungan biologis, psikologis dan social.
·        Hubungan individu dengan lembaga
Hubungan individu dengan lembaga terdiri dari nilai – nilai dan norma – norma.
·        Hubungan individu dengan komunitas
Hubungan individu dengan komunitas/sosialisasi terdiri dari penyebaran nilai & budaya.
·        Hubungan individu dengan masyarakat
Hubungan individu dengan masyarakat sebagai lingkungan makro terdiri dari sifat – sifat makro ( mencakup komunitas, keluarga, lembaga dan individu ), lebih bersifat abstraksi.
·        Hubungan individu dengan nasion atau jiwanya
Nasion adalah suatu jiwa, asas spiritual dan solidaritas yang terbentuk oleh perasaan. Hubungan individu dan nasionnya itu sendiri merupakan posisi dan peranan yang ada pada diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar