Laman

Jumat, 02 Januari 2015

Bedah Website Perusahaan Bisnis E-Commerce (Zalora)

Pada kesempatan ini kelompok kami akan melakukan pembahasan mengenai bedah website, berhubung saat ini lagi booming-boomingnya Online Shop maka kita akan mebedah website online shop. Mungkin akhir-akhir ini kita sering mendengar Zalora, seringkali nama Zalora muncul pada komersial break di Televisi. Zalora merupakan salah satu butik online terbesar di Indonesia. Zalora hadir di Indonesia sejak bulan Februari 2012. Timnya beranggotakan 10 orang Zalora dengan keyakinan bahwa bisnis E-Commerce di tanah air akan berhasil.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada proses bedah website diantaranya bedah mengenai fungsi, pelayanan, serta fasilitas pendukung yang dimiliki perusahan (usaha/bisnis) ini. Zalora pada mulanya merupakan situs belanja online salah satu cabang dari toko online terbesar di Eropa, Zalando. Di lingkup Asia namanya Zalora yang memiliki adik perusahaan di delapan negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Thailand, dan FIlipina. Selain aksesnya sangat mudah, Zalora memiliki brand-brand berkualitas, seperti Calvin Klein, Steve Madden, Hush Puppies, Guess, Rip Curl, Nike, Oakley, Ardistia New York, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya itu, ada pula brand lokal yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia maupun asing, seperti (X) S.M.L, League, hingga Contempo.

Situs belanja online ini bekerja sama dengan lebih dari 400 merek ternama, baik lokal maupun internasional serta menawarkan lebih dari 20.000 produk bagi para pecinta fashion di tanah air. Banyak sekali pilihan barang yang bisa dibeli di toko online ini, di antaranya pakaian, aksesori, bahkan dekorasi untuk rumah. Banyaknya brand dalam Zalora dibuat agar pilihan belanja makin bervariasi. Tidak ada perbedaan harga dengan nilai yang dibanderol dalam situs resmi brand yang terdapat dalam online shop ini. Pembeli pun dapat segera memesan barang yang diinginkan kapanpun dan di manapun ia berada.

Hal-hal penting lainnya dalam pembedahan web untuk perusahaan kecil ataupun besar adalah perencanaan dalam melakukan pemasaran produknya, serta komunikasi elektronik yang digunakan. Saat ini Zalora sudah berkembang pesat. Situs belanja online ini telah memiliki 100.000 fans di Facebook dan mempekerjakan lebih dari 200 pegawai. 

Jelas sekali mereka para pendiri Zalora memiliki tujuan dan perencanaan yang cukup jelas, yaitu memberikan kemudahan akses 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu agar semua orang bisa mendapatkan style terbaik dari berbagai macam merek dengan harga yang kompetitif.

Perkembangannya didukung oleh kerja sama tim Zalora dalam memasarkan web-store mereka. Diawali dari promosi secara online, seperti melalui Google, Facebook, Twitter, hingga kini merambah ke media eleltronik. Dalam dua atau tiga bulan ke depan, Zalora ingin memperluas promosinya melalui iklan televisi karena hampir semua masyarakat menonton televisi. 

Dalam segi pemasaran produknya Zalora selain menyediakan berbagai pilihan brand yang menarik, ada pula cara pembayaran yang opsional. Selain bisa dilakukan melalui kartu kredit atau transfer, pembeli bisa membayar tunai saat pengiriman barang atau disebut Cash on Delivery.

Satu hal yang tak bisa luput dari suatu perusahaan adalah Visi dan Misi, pada wawancara yang beberapa pihak lakukan terhadap lebih dari satu perusahaan(website) e-commerce / online shop, rata-rata mereka memiliki Visi dan Misi :

VISI
          Menjadi Portal Media Diskusi Jual Beli Online Shop Terbesar dan Terpercaya di Indonesia

MISI
  • Menjadi media perantara perdagangan online yang terbaik di Indonesia
  • Menjadi media dan alternatif sumber penghasilan 
  • Menghadirkan fiture-fiture yang memuaskan pelanggan 
  • Ikut berpartisipasi melahirkan pengusaha online yang tangguh dan berbobot
  • Memasyaratkan dunia online Indonesia

Berikut adalah tampilan dari website online shop Zalora :


Template yang simple karena memang tidak dibutuhkan tampilan yang terlalu ribet untuk menjual suatu barang, tampilan web nya sangat soft & simpel. 

Selanjutnya untuk melakukan suatu transaksi pengunjung/pembeli tetap harus membuat akun yang memilki biodata komplit sebagai syarat untuk proses jual-beli, dan pada bagian My Account atau Login akan ditemukan tampilan seperti ini :


Kelebihan dari website Zalora ini memiliki akses Help bagi para pengunjung yang menemukan kesulitan pada proses apapun, bentuk menu Help yang ada sebagai berikut :


Sekian pembahasan bedah website perusahaan bisnis E-Commerce Zalora.


Anggota Kelompok :



Abdul Wahid

Bagus Indra P

Debi Santosa

Deo Rino H

Guntoro Nuari

Lintar Tamara

Singgih Prima D




4IA16




Sumber :
  • http://wolipop.detik.com/read/2012/10/02/090338/2051257/1133/rahasia-online-shop-zalora-kuasai-pasar-indonesia-dengan-cepat
  • http://www.zalora.co.id/men/
  • http://kreatifitas-mahasiswa.blogspot.com/2012/12/bedah-website-usaha-dan-bisnis-e.html
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar