Laman

Selasa, 08 April 2014

Teori Teknologi Game dan Teori Permainan



 
Game, siapa sih yang gak suka main game ? Semua orang pasti suka, game tidak mengenal usia. Mau anak kecil sampai orang tua, suka game. Pastinya, dengan tingkatan yang berbeda.

Pengertian Game Komputer Menurut Beberapa Ahli :

Menurut Chris Crawford : “Seorang computer game designer mengemukakan bahwa game adalah sebuah interaktif, aktivitas yang berpusat pada sebuah pencapaian, ada pelaku aktif, ada lawan anda.”

Menurut David Parlett : “Game adalah sesuatu yang memiliki 'akhir dan cara mencapainya': artinya ada tujuan, hasil dan serangkaian peraturan untuk mencapai keduanya.”

Menurut Roger Caillois : “Dalam bukunya yang berjudul Les Jeux Et Les Hommes menyatakan game adalah aktivitas yang mencakup karakteristik berikut : fun, separate, uncertain, non-productive, governed by rules, fictitious.”

Menurut Clark C. Abt : “Game adalah kegiatan yang melibatkan keputusan pemain berupaya mencapai tujuan dengan 'dibatasi oleh konteks tertentu.”

Menurut Bernard Suits : “Game adalah upaya sukarela untuk mengatasi rintangan yang tidak perlu.”

Menurut Greg Costikyan : “Game adalah sebentuk karya seni di mana peserta, yang disebut pemain, membuat keputusan untuk mengelola sumberdaya yang dimilikinya melalui benda di dalam game demi mencapai tujuan.”

Definisi Game yang berasal dari sebuah buku yang berjudul Rules Of Play karya Katie Salen dan Eric Zimmerman :

Game adalah 'sistem tempat pemain melakukan konflik bohongan, ditentukan oleh aturan yang memberi hasil terukur.

Dari beberapa ahli diatas, saya menarik kesimpulan bahwa definisi Game itu adalah suatu aplikasi atau sistem yang di dalamnya terdapat sebuah konflik atau masalah bohongan yang harus diselesaikan dengan melawan musuh yang ada di dalamnya dengan berbagai aturan yang harus diikuti.

Udah tau tentang definisi game, sekarang lanjut ke pembahasan berikutnya yaitu tentang sejarah game.

Sejarah Perkembangan Game
Permainan pada komputer udah ada sekitar tahun 60-an yang dikarenakan perkembangan industri microprocessor, mainframe, dan minicomputers. Game komputer yang pertama kali dikembangkan adalah "Spacewar" pada tahun 1961.

Generasi pertama PC Games biasanya berupa 'text-adventures' atau 'interactive fiction' yang mana pemain berkomunikasi dengan komputer melalui inputan pada pemakai keyboard. Game yang berbasis text-adventures yang pertama bernama "Adventure" pada tahun 1976 dan dikembangkan lagi oleh Don Woods di tahun 1977.

Sebelumnya, pada tahun 1952, Douglas menciptakan komputer grafis yang diberi nama "Tic-Tac-Toe". Kemudian pada tahun 1958 William Higinborham menciptakan virtual game yang diberi judul "Tennis For Two".

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan teknologi yang tinggi, pada tahun 1971 lah video games pertama kali diperkenalkan sebagai medium hiburan yang bersifat komersial. Dan pada akhir tahun 70-an dan awal tahun 1980, video games menjadi dasar yang penting bagi industri hiburan di Amerika Serikat, Jepang dan Eropa. 

Klasifikasi Game
Klasifikasi Game didasarkan pembatas usia, menurut ESRB (Entertainment Software Rating Board) adalah sebagai berikut :

Early Childhood (3+), memiliki isi yang mungkin cocok untuk usia 3 tahun yang tidak mengandung materi-materi yang tidak pantas.

Everyone (6+), memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 6 tahun dengan judul dalam kategori agak sedikit berisikan tentang kartun, fantasi atau mungkin kekerasan ringan dan / atau jarang menggunakan bahasa ringan.

Everyone (10+), memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 10 tahun. Judul dalam kategori ini mungkin berisi lebih banyak kartu, fantasi, tema-tema sugestif.

Teen (13+), memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 13 tahun. Judul dalam kategori ini mungkin mengandung kekerasan, tema sugestif, humor kasar, dan lain-lain. 

Mature (17+), memiliki konten yang mungkin cocok untuk usia 17 tahun. Judul dalam kategori ini mungkin lebih intens kekerasan, darah dan darah kental, konten seksual dan / atau bahasa yang kuat.

Adults Only (18+), merupakan konten yang hanya boleh dimainkan oleh orang-orang yang berumur 18 tahun atau lebih.

Jenis-Jenis Game
Simulasi, terbagi atas beberapa jenis, ada game perang-perangan, balapan, simulasi luar angkasa, dan mecha (sejenis game robot-robotan).

Edukasi, ada edugames yang seperti animasi dengan petualangan-petualangan yang unik dan seru. Puzzle game edukasi yang memerlukan tingkat konsentrasi yang lebih dalam memainkan permainan tersebut.

Entertainment, Aksi (semacem tembak-tembakkan gitu deh), fighting (yang isinya berantem-beranteman dan bunuh-bunuhan), adventure, dan lain-lain. 

Konsep Pengembangan Game
Game Engine, sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game.  Proses pengembangan permainan sering dihemat karena sebagian besar permainan menggunakan kembali mesin permainan yang sama untuk menciptakan permainan yang berbeda.

Game Tools, aplikasi perangkat lunak khusus yang membantu atau memfasilitasi pembuatan komputer atau video game. Alat permainan mungkin atau mungkin tidak akan dirilis bersama dengan pertandingan final, tergantung pada apa alat ini digunakan untuk.

Interaksi, dapat dilakukan dalam game yang bersifat multiplayer game. Dalam game ini kita tidak bermain sendiri tetapi kita bermain dengan banyak orang yang berasal dari latar belakang yang berbeda.

AI (Artificial Intelligent), sebuah teknologi intelegensi buatan yang menjadi sebuah konsep untuk mengembangkan game interaktif.

Teori Permainan (Game Theory)
Teori permainan (Game theory) adalah suatu pendekatan matematis untuk merumuskan situasi persaingan dan konflik antara berbagai kepentingan. Teori ini dikembangkan untuk mmenganalisa proses pengambilan keputusan dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan dua atau lebih kepentingan.

Dalam permainan, pihak pertama disebut dengan pemain baris sedangkan pihak kedua disebut pemain kolom. Anggapannya adalah bahwa setiap pemain (individual atau kelompok) mempunyai kemampuan untuk mengambil keputusan secara bebas dan rasional.

Teori permainan merupakan metode analisis ekonomi mikro pada tingkat menengah mengenai pengambilan keputusan. Dalam pengambilan keputusan terdapat strategi yang bersifat interaktif di antara pelaku-pelaku ekonomi. Proses tersebut dapat dianalisis dalam berbagai model permainan.

Teori permainan pertama kali ditemukan oleh sekelompok ahli Matematika pada tahun 1944. Teori itu dikemukakan oleh John von Neumann and Oskar Morgenstern yang berisi :

“Permainan terdiri atas sekumpulan peraturan yang membangun situasi bersaing dari dua sampai beberapa orang atau kelompok dengan memilih strategi yang dibangun untuk memaksimalkan kemenangan sendiri atau pun untuk meminimalkan kemenangan lawan. Peraturan-peraturan menentukan kemungkinan tindakan untuk setiap pemain, sejumlah keterangan diterima setiap pemain sebagai kemajuan bermain, dan sejumlah kemenangan atau kekalahan dalam berbagai situasi.”

Bagian-bagian pada Game Theory:
1. One-shot : Contohnya jika dua orang bertemu dan tahu bahwa mereka hanya akan sekali saja bertemu, terjadi kasus dimana mereka tidak menjaga reputasi mereka. Mereka berbuat buruk karena tahu bahwa tindakan mereka tidak akan menimbulkan tindakan lain di kemudian hari.

2. Repeated; Finite : Terjadi misalkan ketika orang tahu bahwa 10 hari lagi dia akan mati. Maka segala ekspektasi tersebut mengubah behaviornya untuk berpikir mengenai hari akhir ke-10. Ini membuat orang menjadi desperate dan bertindak di luar dugaan atau disebut juga efek akhir.

3. Repeated; Infinite : terjadi dimana seseorang menjaga reputasinya karena ia yakin akan berinteraksi dengan pihak lain in the near future and more.

Sumber :

1 komentar:

  1. Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :)

    BalasHapus